Mengatasi Batere Ponsel Cepat Habis

Mengatasi Batere Ponsel Cepat Habis РBaterai merupakan sumber daya utama untuk ponsel. Meskipun ponsel sudah mempunyai ukuran baterai besar. Bukan berarti daya tahan baterai tergolong  bagus. Terkadang karena kesalahan kita saat mengoperasikan ponsel membuat daya baterai cepat habis. Kali ini kita akan membahas tentang penyebab baterai ponsel cepat habis serta cara mengatasinya.

Adapun salah satu hal yang menjadi penyebab baterai cepat habis biasanya dikarenakan adanya beberapa fitur sedang berjalan di belakang layar. Bahkan masalah tingkat kecerahan layar begitu tinggi juga bisa berpengaruh.

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Para pengguna ponsel mungkin merasa tidak sadar jika baterai ponsel mereka cepat habis. Ketika ponsel sudah melemah, mereka kebingungan apa hal yang membuat permasalahan itu terjadi. Supaya lebih jelas simak penyebab baterai ponsel cepat habis berikut ini:

  1. Kecerahan layar ponsel terlalu tinggi

Ketika sedang berada di luar ruangan yang cerah, adakalanya kita perlu menaikkan tingkat kecerahan ponsel. Fungsinya tidak lain supaya kita mampu membaca layar lebih mudah. Namun siapa sangka ternyata hal tersebut justru menjadi penyebab daya baterai cepat terkuras. Supaya mampu menghindari hal tersebut, alangkah baiknya segera lakukan pengaturan kembali tingkat kecerahan ponsel serendah mungkin.

  1. Refresh rate dan resolusi layar begitu tinggi

Pengguna smartphone pasti merasa tertarik pada perangkat yang mampu menawarkan layar dengan refresh rate serta resolusi tinggi. Meski fitur tersebut bisa tingkatkan kualitas visual serta kelancaran tampilan. Namun dua hal ini justru menjadi penyebab baterai ponsel cepat habis.

Solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan ini tak lain dengan melakukan penyesuaian pengaturan. Ada banyak smartphone modern memberikan penawaran opsi penyesuaian resolusi layar sekaligus mengatur refresh rate dalam nilai lebih rendah.

  1. Aplikasi berjalan belakang layar

Adapun penyebab baterai ponsel cepat salah satunya tak lain dikarenakan aplikasi terus berjalan di belakang layar tanpa kita ketahui. Memang tidak semua aplikasi yang sudah selesai kita gunakan dan tutup berhenti begitu saja. Namun masih ada beberapa aplikasi terus beraktivitas di belakang.

Supaya baterai semakin awet sebaiknya kamu menonaktifkan semua aplikasi yang terbilang tidak penting. Apabila handphone kamu mempunyai fitur optimisasi bawaan. Kini kamu bisa gunakan hal tersebut supaya mampu maksimalkan daya baterai.

  1. Banyak sekali notifikasi

Notifikasi berlebihan dari berbagai macam aplikasi bisa menjadi pemicu baterai ponsel cepat habis. Setiap notifikasi yang sudah masuk baik pesan, email, teks, update media sosial bahkan yang lain bisa membuat layar menyala sampai menimbulkan suatu getaran.

Proses tersebut meski terlihat sederhana namun membutuhkan konsumsi daya baterai cukup banyak. Apalagi jika notifikasi masuk terus-menerus di sepanjang hari mampu tingkatkan pemakaian baterai.

  1. Malware dan virus

Baik itu malware maupun virus keduanya menjadi ancaman paling serius untuk para pengguna smartphone. Pasalnya  bukan hanya dari segi keamanan bahkan privasi yang perlu dijaga tetapi juga terkait pemakaian baterai. Perangkat lunak jahat dirancang beroperasi di latar belakang tanpa sepengetahuan kita.

Ada beragam aktivitas dilakukan seperti pencurian data pribadi, pengiriman spam bahkan pemakaian perangkat guna menjadi bagian dari jaringan botnet. Dari sinilah virus bahkan malware bisa konsumsi data baterai berlebih. Hingga akhirnya menjadikan baterai ponsel cepat habis.

Sekilas informasi singkat mengenai penyebab baterai ponsel cepat habis yang harus diketahui. Jadi buat kamu yang merasa smartphonennya mengalami daya baterai cepat habis. Mungkin saja dikarenakan beragam penyebab di atas. Alangkah baiknya segera menyiasati supaya baterai ponsel tetap awet.

Simak terus berbagai tips dan trik menarik tentang teknologi hanya di basreng188. Tempat yang menyenangkan buat kamu yang ingin hiburan plus informasi.